A. Ciri- ciri Proses Pembelajaran Partisipatif
Menurut Freire dalam Sudjana (2005:180) proses
kegiatan Pembelajaran Partisipatif ditinjau dari segi interaksi antara pendidik
dengan peserta didik maka proses kegiatan Pembelajaran Partisipatif
dilingkungan pendidikan sekolah memiliki enam ciri-ciri dibawah ini:
1.
Pendidik menempatkan diri pada kedudukan yang tidak
serba mengetahui terhadap semua bahan belajar. Ia memandang peserta didik
sebagai sumber yang mempunyai nilai bermanfaat dalam kegiatan pembelajaran.
2.
Pendidik memainkan peran untuk membantu peserta didik
dalam melakukan kegiatan pembelajaran. Kegiatan pembelajaran itu berdasarkan
atas kebutuhan belajar yang dirasakan perlu, penting dan mendesak oleh para
peserta didik.
3.
Pendidik melakukan motivasi terhadap peserta didik
supaya berpartisipasi dalam menyususun tujuan belajar, bahan belajar, dan
langkah-langkah yang akan ditempuh dalam kegiatan pembelajaran.
4.
Pendidik sekaligus menempatkan dirinya sebagai peserta
didik selama kegiatan pembelajaran yang memberikan dorongan dan bimbingan
terhadap peserta didik untuk selalu memikirkan, melakukan, dan menilai kegiatan
pembelajarannya.
5.
Pendidik mendorong dan membantu peserta didik untuk
mengembangkan kemampuan pemecahan masalah yang diangkat dari kehidupan peserta
didik sehingga mereka mampu berpikir dan bertindak terhadap dan didalam dunia
kehidupannya.
6.
Pendidik bersama peserta didik melakukan kegiatan
saling belajar dengan cara bertukar pikiran mengenai isi, proses dan hasil
kegiatan pembelajaran, serta tentang cara-cara dan langkah-langkah pengembangan
pengalaman belajar untuk masa berikutnya.
boleh tau referensi dari ciri ciri proses pembelajaran partisipatif ?
BalasHapus